Jumat, 04 Oktober 2013

Manajemen

Manajemen Pemasaran

Pada dasarnya manajemen itu sendiri atas perancangan dan perencanaan rencana-rencana dalam membuat suatu perencanaan. dalam membuat suatu perencanaan, dibutuhkan kemampuan untuk membuat strategi dan rencana untuk rencana jangka panjang maka dibutuhkan waktu yang lebih banyak sedangkan untuk pelaksanaan rencana tersebut, dia harus mendelegasikan keputusan-keputusan yang rutin dilakukan setiap hari kepada bawahan.

Secara umum manajemen mempunyai tiga tugas pokok, yaitu :
1.      Mempersiapkan rencana/strategi umum bagi perusahaan
2.      Melaksanakan rencana tersebut
3.      Mengadakan evaluasi, menganalisa dan mengawasi rencana tersebut dalam pelaksanaannya. (untuk mengukur hasil dan penyimpangannya serta untuk mengendalikan aktivitas).
                                                            
Sehingga yang dimaksud dengan manajemen pemasaran, menurut Philip Kotler adalah :
Penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju untuk mencapai tujuan organisasi.
            Untuk membuat suatu rencana, fungsi penganalisaan sangat penting agar rencana yang dibuat dapat lebih matang dan tepat. Penerapan merupakan kegiatan untuk menjalankan rencana. Fungsi pengawasan adalah untuk mengendalikan segala macam aktivitas agar tidak terjadi penyimpangan.

ARTI FUNGSI MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen  pemasaran  adalah  suatu  usaha  untuk  merencanakan,  mengimplementasikan  (yang  terdiri  dari  kegiatan  mengorganisaikan,  mengarahkan, mengkoordinir) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran  dalam  suatu  organisasi  agar  tercapai  tujuan  organisasi  secara efesien  dan  efektif.   Di  dalam  fungsi  manajemen  pemasaran  ada  kegiatan menganalisis  yaitu  analisis  yang  dilakukan  untuk  mengetahui  pasar  dan lingkungan pemasarannya,  sehingga dapat diperoleh seberapa besar peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar ancaman yang harus dihadapi.

Sumber: Philip Kotler, Gary Armstrong. (1996). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 2.Edisi  Bahasa Indonesia. Prentice Hall

Tidak ada komentar:

Posting Komentar