Manajemen Pemasaran
Pada dasarnya manajemen itu sendiri atas perancangan dan perencanaan rencana-rencana dalam membuat suatu perencanaan. dalam membuat suatu perencanaan, dibutuhkan kemampuan untuk membuat strategi dan rencana untuk rencana jangka panjang maka dibutuhkan waktu yang lebih banyak sedangkan untuk pelaksanaan rencana tersebut, dia harus mendelegasikan keputusan-keputusan yang rutin dilakukan setiap hari kepada bawahan.
Secara umum manajemen
mempunyai tiga tugas pokok, yaitu :
1.
Mempersiapkan
rencana/strategi umum bagi perusahaan
2. Melaksanakan
rencana tersebut
3. Mengadakan evaluasi, menganalisa dan
mengawasi rencana tersebut dalam pelaksanaannya. (untuk mengukur hasil
dan penyimpangannya serta untuk mengendalikan aktivitas).
Sehingga yang dimaksud dengan manajemen pemasaran, menurut Philip
Kotler adalah :
Penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan,
dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran
dengan pasar yang dituju untuk mencapai tujuan organisasi.
Untuk membuat suatu rencana, fungsi
penganalisaan sangat penting agar
rencana yang dibuat dapat lebih matang dan tepat. Penerapan merupakan kegiatan untuk menjalankan rencana. Fungsi pengawasan adalah untuk mengendalikan
segala macam aktivitas agar tidak terjadi penyimpangan.
ARTI FUNGSI MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen pemasaran
adalah suatu usaha
untuk merencanakan, mengimplementasikan (yang
terdiri dari kegiatan
mengorganisaikan, mengarahkan,
mengkoordinir) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam
suatu organisasi agar
tercapai tujuan organisasi
secara efesien dan efektif.
Di dalam fungsi
manajemen pemasaran ada
kegiatan menganalisis yaitu analisis
yang dilakukan untuk
mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga dapat diperoleh seberapa besar
peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar ancaman yang harus dihadapi.
Sumber: Philip Kotler, Gary Armstrong. (1996). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 2.Edisi Bahasa Indonesia. Prentice Hall
Tidak ada komentar:
Posting Komentar