Senin, 28 Mei 2012

Tugas 3 IAD

Ekologi dan dampak Perkembangan IPTEK terhadap Kehidupan Manusia


>Bagaimana Perkembangan IPTEK sekarang?
Menurut saya, perkembangan IPTEK dizaman canggih seperti saat ini sangat lah pesat. karena didukung dengan adanya fasilitas dan akses yang mudah untuk menggunakan teknologi tersebut. apalagi sekarang pun dengan harga yang murah dengan mudah nya masyarakat memakai teknologi itu.
Lama kelamaan hal itu pun berdampak buruk. sekarang sering kali tekhnologi yang terlalu canggih disalah gunakan oleh pemakainya.


Dampak Negative

Teknologi informasi dan komunikasi sudah ada sejak zaman modern. Teknologi trsebut biasa dikenal dengan komputer, internet dan lain-lain. Komputer sejak dulu sudah sering digunakan di semua kalangan, di kalangan pelajar sekarang juga sudah banyak yang menggunakan komputer untuk pelajaran. Dan alat canggih tersebut juga sudah sangat bermanfaat bagi orang-orang yang pekerjaaannya bersangkut paut dengan alat tersebut. Apa lagi sekarang juga sudah ada alat komputer yang lebih praktis di bawa kemana-kemana yaitu laptop. Laptop tidak hanya digunakan orang-orang penting saja, pelajar pun mamakai laptop untuk proses belajar menagajar. Di samping komputer yang begitu sangat bermanfaat itu, sekarang juga sudah ada internet. Internet adalah sebuah jaringan komputer yang digunakan untuk mencari sebuah informasi yang ingin kita ketahui. Di dalam internet kita bisa surfing mengenai beberapa hal, misalnya sebagai inspirasi untuk belajar mengenai pelajaran, dan masih banyak lagi yg bias kita lakukan. Di jaringan internet kita juga bias mendunia, misalnya ingin mengetahui mengenai Negara lain atau informasi-informasi mengenai Negara tersebut. Imternet sangat bermanfaat apabila kita bias menggunakannya. Tetapi ada juga yang salh menggunakannya, misalnya untuk membuka situs-situs yang berbau pornografi. Itu salah besar.!!!.
Biasanya hal tersebut di lakukan para siswazaman sekarang. Sebaiknya sebagai remaja/pelajar yang mengaku berpendidikan, tidak membuka situs-situs yang berbau tersebut. Itu akan sangat meruusak otak kita dan akan mencemari otak kita. Dan akan lebih baik jika kita membuka situs-situs pelajaran yang sangat bermanfaat bagi kita. Apa lagi bagi anak-anak SMP yang akan menghadapi ujian, mereka bias membuka contoh-contoh latihan soal untuk ujian. Selain itu, di internet juga kita bias mengenal dunia maya, banyak jejaring sosial yang bias kita gunakan yaitu facebook, twitter, plurk, chip dan masih banyak lagi. Jejaring sosial itu sudah banyak digunakan semua orang. Disitu juga dampak positif dan negatifnya. Bebarapa dampak positif dari jejaring sosial, kita bisa menjumpai teman-teman yang mungkin kita sudah lama kita tidak berjumpa dengan dia, mencari teman baru yang belum kita kenal dan masih banyak lagi manfaatnya. Ada juga para siswayang salah menggunakannya yaitu untuk ajang berpacaran, bertemu dengan belum kita kenal sepenuhnya, dan akhirnya menjadi berdampak buruk bagi mereka. Banyak juga yang melakukan tindakan kriminal di jejaring sosial.
Sebenarnya, pengaruh kemajuan teknologi sangat bermanfaat bagi remaja. Tetapi masih banyak dampak negatif yang bisa kita temui, banyak yang terlalu asyik bermain internet (jejaring sosial) mereka sampai lupa waktu dan lupa apa yang harus dia kerjakan/kewajiban dia. Para siswa yang membuka situs-situs ponografi juga banyak yang meniru perbuatan yang tidak baik tersebut dan akhirnya menjadikan pergaulan bebas bagi mereka. Masih banyak lagi dampak negatifnya apabila kita salah menggunakannya. Beberapa hal yang harus kitra lakukan agar para siswa tidak salah menggunakan jaringan internet; yaitu kembali atas kesadaran diri klita sendiri-sendiri. Kita seharusnya sadar bahwa hal yang kita lakukan itu salah, apabila kita mengaku sebagai siswayang baik dan bercita-cita akan menjadi generasi muda Indonesia yang baik, kita tidak sewajarnya melakukan hal negatif tersebut. Yang itu akan merugikan diri kita sendiri.
Seharusnya para siswa harus dapat bimbingan orang tua, dan orang tua pun harus mengontrol perkembangan anak dizaman tekhnologi canggih seperti ini agar tidak ada yang menyalahgunakan komunikasi untuk memanfaatkan orang lain.

>Bandingkan dengan IPTEK yang dulu.
   
Di zaman para orang tua kita teknologinya masih belum canggih, terutama pada cara berkomunikasinya dengan keluarga, saudara, kerabat dan teman sepergaulan yang tempatnya jauh dari tempat tinggal kita sangat sulit. Biasanya orang-orang dahulu berkomunikasi dengan sangat sulit. Mereka selalu berkomunikasi dengan keluarga, kerabat, saudara, dengan teman sepermainan dengan cara menulis surat dan memasukkannya atau menaruhnya didalam botol dan dilemparkannya ke laut atau ke sungai. Bahkan yang lebih sulitnya lagi , orang-orang zaman dahulu mengikat surat di kaki burung dan berbicara dengan burung tersebut, agar di antarkan ke tempat yang ditujunya.

Berbeda dengan zaman dahulu, zaman sekarang atau zaman modern jauh lebih canggih terutama pada teknologi komunikasinya. Pada masa sekarang, setiap orang yang di tanya soal teknologi, pasti mereka sudah mengetahui teknologi macam telepon dan computer. Kegunaannya adalah, telepon sangat berguna untuk berkomunikasi dengan setiap orang yang jauh berada. Dan harga pemakaiannya dapat terjangkau (murah) dan sama halnya dengan computer. Komputer juga mempunyai kegunaan yang banyak. Mulai dari pengetika, perhitungan, dll. Serta computer bermanfaat untuk semua orang untuk menyelesaikan tugas-tugasnnya. Telepon dan komputer selain memiliki kegunaan juga memiliki kekurangan salah satunya yaitu tidak dapat dibawa kemana-mana karena ukurannya yang besar.

Dibandingkan dengan zaman dahulu dengan zaman sekarang, zaman sekarang sudah lebih canggih, baik dilihat dari sisi manapun. Yaitu alat komunikasinya yang lebih canggih dari sebelumnya.
Di zaman orang tua kita alat komunikasinya menggunakan surat menyurat dan dikirim melalui pos, sedangkan pada zaman sekarang kita dapat dengan mudahnya berkomunikasi dengan menggunakan handphone.
Handphone berguna untuk berkomunikasi yang kegunaannya sangat dinikmati karena kita dapat berkomunikasi dengan orang yang kita tuju tanpa berharap atau cemas orang yang kita tuju dapat membalasnya atau tidak
Perbedaannya terlihat sangat jelas sekali. Apakah anda pernah bertanya kepada ayah dan ibumu,bagaimana mereka waktu berpacaran dahulu? Mereka pasti akan mengatakan mereka berkomunikasi dengan mengirim surat dan menulis kata-kata romantis dengan syair yang berlebihan (lebay). Sedangkan dengan memiliki handphone kita berkontekan dengan cara mengirim SMS kepada pacar kita dan kepada siapa saja yang ingin dihubungi,selain itu bentuknya yang kecil mudah dibawa kemana saja dan dapat memudahkan kita melakukan sesuat (berkomunikasi)

Teknologi sekarang sudah sangat canggih. Alat –alat komunikasinya bahkan sudah sangat-sangat canggih.
Sekarang kita sudah dapat berkomunikasih dengan orang banyak dimana saja kita berada, kepada siapa saja,dan dimanapun kita berada.Alat-alat komunikasinya yang sudah sangat canggih seperti Laptop dan Hp3G.
Laptop merupakan alat komunikasi yang sudah sangat canggihlaptop bisa di bawah kemana saja karena ukurannya yang kebih kecil dibandingkan computer yang dapat disimpan didalam tas atau ransel. Dengan memiliki dan dismbung dengan modem kita sudah dapat internetan dan membuka situs-situs yang kita inginkan.
Kegunaan Laptop sudah sangat membantu, selain cara berkomunikasinya yang mudah kita juga dapat dibantu untuk mengerjakan pekerjaan –pekerjaan yang sulit dan mendapatkannya dengan mudah. Apabila ada pekerjaan kita yang mendadak di tempat kerja, kita dapat langsung mengerjakannya tanpa harus kerumah terlebih dahulu untuk mengerjakannya karena laptop dapat dibawa kemana saja.
Selain laptop, alat komunikasi yang juga sudah sangat canggih yaitu Hp.3G. handphone 3G dikatakan sudah sangat canggih karena kita dapat berkomunikasi dengan bertatap muka walaupun orang yang kita tuju berjauhan dengan kita. Orang yang kita hubungi bisa kita lihat langsung melalui layer Hp.3G, dengan begitu kita bisa mengetahui keadaan fisik orang itu sendiri

>Pemenuhan kebutuhan Primer, Sekunder dan Tersier

Kebutuhan Primer
Sandang adalah pakaian yang diperlukan oleh manusia sebagai mahluk berbudaya. Pada awalnya manusia memanfaatkan pakaian dari kulit kayu dan hewan yang tersedia di alam. Kemudian manusia mengembangkan teknologi pemintal kapas menjadi benang untuk ditenun menjadi bahan pakaian. Pakaian berfungsi sebagai pelindung dari panas dan dingin. Lama kelamaan fungsi pakaian berubah, yakni untuk memberi kenyamanan sesuai dengan jenis-jenis kebutuhan seperti pakaian kerja, pakaian rumah, untuk tidur dan sebagainya.

 Pangan adalah kebutuhan paling utama manusia. Pangan dibutuhkan manusia secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Usaha mencukupi kebutuhan pangan di negara-negara berkembang dilakukan secara tradisional atau dengan cara memperluas lahan pertanian yang disebut ekstentifikasi, sedangkan di negara maju, sistem pertanian telah dilakukan dengan cara intensifikasi yaitu cara mengolah pertanian dengan lebih baik dan moderen. Hal itu menyebabkan produksi pertanian negara maju lebih banyak dibanding negara berkembang.
Di berbagai masyarakat, bahan makanan pokok memegang peranan utama dalam memenuhi kebutuhan penduduk. Contohnya orang di Sumatera dan Jawa sebagian besar mengonsumsi nasi sedangkan masyarakat Maluku dan Papua mengonsumsi sagu

 Papan adalah kebutuhan manusia untuk membuat tempat tinggal. Pada awalnya fungsi rumah hanya untuk bertahan diri. Namun lama kelamaan berubah menjadi tempat tinggal keluarga. Karena itu kebutuhan akan memperindah rumah semakin ditingkatkan.

Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder adalah merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semuakebutuhan pokok primer telah semuanya terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekundersifatnya menunjang kebutuhan primer. Misalnya seperti makanan yang bergizi, pendidikan  yang baik, pakaian yang baik, perumahan yang baik, dan sebagainya yang belum  masuk  dalam kategori mewah.

Kebutuhan Tersier
Kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia yang sifatnya mewah, tidak sederhana dan berlebihan yang timbul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan kebutuhanskunder. Contohnya  adalah  mobil,  antena  parabola,  pada phone,  komputer laptop notebook,  tv 50 inchi ,  jalan-jalan  ke hawaii, apartemen, dan lain sebagainya.

>Peranan IPTEK terhadap Ekonomi, Sosial, dan Budaya

Terhadap Ekonomi
1.   Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi

2.   Terjadinya industrialisasi

3.   Produktifitas dunia industri semakin meningkat
Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual. Antara lain, melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.

4.   Persaingan dalam dunia kerja akan menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.

5.  Di bidang kedokteran, kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi.
Meskipun banyak manfaatnya, ada pula dampak negatifnya antara lain :
a.     Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
b.   Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan. Misalnya : konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”.



Terhadap Sosial

Dengan berkembangnya teknologi informasi yang pesat ini, peran serta dari masyarakat sangat besar dalam perkembangannya. Teknologi informasi juga membantu hubungan antar masyarakat menjadi lebih mudah dan efisien. Menurut Agustina (2010) dalam kehidupan sosial bermasyarakat peran teknologi informasi memberikan memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Teknologi informasi mempunyai dampak positif dan negatif bagi kehidupan sosial di Indonesia.
Dampak positif teknologi informasi tentu yang diharapkan dalam kehidupan sosial, seperti masyarakat yang mulai mendapatkan informasi mengenai berita apapun dengan memanfaatkan media online. Majalah ataupun koran sudah mulai ditinggalkan. Selain itu dampak teknologi informasi juga mempengaruhi dari berbagai bidang, seperti bidang transportasi dapat diimplementasikan  E-Toll card (kemudahan pembayaran tol) yang sekarang juga sudah mulai diterapkan di Jakarta. Dalam bidang bisnis, pemanfaatan teknologi E-commercesangat membantu para pengusaha dalam menjalankan usahanya. Dengan teknologi ini tidak perlu lagi proses jual beli secara face to face, namun cukup dengan bantuan jaringan internet semua proses bisa dilakukan dengan efisien. Kemudian dari bidang pendidikan dengan adanya E-learning memungkinkan proses belajar mengajar dari jarak jauh sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. Masih banyak lagi dampak positif dari berkembangnya teknologi informasi di masa datang.
Namun kemajuan teknologi juga mempunyai dampak negatif pada aspek sosial budaya seperti kenakalan dan tindak penyimpangan dikalangan remaja dengan mengakses situs porno, dan oknum-oknum yang menggunakan media facebook sebagai media porstitusi yang jelas dapat merusak moral para generasi muda. Dampak negatif lain dari teknologi di masa depan juga melemahkan rasa gotong royong dan tolong menolong sebagaimana ini menjadi ciri khas masyarakat Indonesia. Menurut saya, dampak kehidupan sosial di masa depan jika kita terbawa dampak negatif mungkin akan melemahnya rasa gotong royong, komunikasi menjadi lebih mudah sehingga tidak perlu tatap muka, dan dengan kemudahan yang diberikan oleh teknologi tersebut yang apaun pekerjaan bisa dikerjakan dengan komputer sehingga manusia akan menjadi malas. Sedangkan dari dampak positifnya yaitu kefektifan dari segi biaya dan waktu, misal kemajuan teknologi dibidang pendidikan dimana bisa mengajar dari jarak jauh sehingga meminimalkan biaya dan waktu.

Terhadap Budaya
Budaya atau kebudayaan adalah kerangka acuan bagi perilaku masyarakat pendukungnya yang berupa nilai-nilai (kebenaran, keindahan, keadilan, kemanusiaan, dll) yang berpengaruh sebagai kerangka untuk membentuk pandangan hidup manusia yang relatif menetap dan dapat dilihat dari warga budaya itu untuk menentukan sikapnya terhadap berbagai gejala dan peristiwa kehidupan. 

Budaya dapat berwujud tiga hal, yaitu idea tau gagasan, tingkah laku atau tindakan dan benda atau barang yang dihasilkan oleh manusia. Jadi budaya mempunyai pengertian yang luas.
Seperti telah diuraikan di atas, teknologi dan industri mempunyai dampak positif dan negatif. Karena itu hendaknya teknologi secara efektif mampu memerangi kemiskinan, keterbelakangan dan menjamin kemajuan bagi bangsa manusia. Manusia juga perlu sadar bahwa orang menciptakan sesuatu bukan untuk menghancurkan, melainkan untuk kesejahteraan umat.

Jadi, bagaimana IPTEK mempengaruhi masyarakat dalam kebudayaan, itu semua tergantung pada diri masyarakatnya sendiri. Masyarakat harus selektif dan dapat bersifat kritis terhadap perkembangan IPTEK yang semakin pesat. Hendaknya kita menggunakan teknologi tersebut seperlu dan sepentingnya kita saja, jangan karena teknologi, semua menjadi terlupakan, baik itu waktu, kewajiban beribadah, sosialisasi di masyarakat sekitar, dll.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar